ANALISIS PENGARUH FRICTION DAMPER TERHADAP UPAYA RETROFITTING BANGUNAN DI JAKARTA (Universitas Gunadarma Review)

Indonesia memiliki banyak gunug berapi aktif dari Aceh hingga Papua, tidak heran jika Indonesia disebut sebagai Negara “Ring of Fire” karena jumlah gunung berapi yang banyak. Beberapa tahun terakhir dan mungkin hingga saat ini ,gempa sering timbul hampir setiap menit di beberapa wilayah Indonesia seperti yang baru-baru ini di Provinsi Jawa Barat tepatnya berdekatan dengan Sukabumi. Tidak heran jika Indonesia sering dilanda gempa, karena Indonesia berada di daerah pertemuan antar lempeng bumi yang akan saling bersinggungan ataupun bertabrakan sehingga menyebabkan getaran yang dapat sampai hingga ke permukaan tanah. Tidak sedikit pula korban yang ditimbulkan dari bencana gempa bumi. Karena hal tersebutlah, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap kelayakan bangunan yang terdapat di seluruh daerah untuk mengecek berapa lama bangunan-bangunan tersebut dapat bertahan dari gempa yang menggungcang, khususnya bangunan bertingkat tinggi yang memerlukan perhatian sedikit lebih ekstra. Oleh karena itu diperlukan suatu usaha untuk memperbaiki ataupun mempertahankan suatu ketahanan bangunan terhadap gaya gempa yang timbul, yaitu dengan menggunakan sebuah alat peredam (damper) salah satunya dengan menggunakan friction damper.

                                          sumber gambar : DamtechDK

Friction damper merupakan salah satu alat peredam gempa yang umumnya dipasang pada bracing bangunan. Bracing digunakan untuk mengurangi defleksi yang terjadi pada bangunan seiring meningkanya kekakuan, akan tetapi gaya geser dasar akan menjadi lebih besar karena kekauan terhadap bangunan miningkat, untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka digunakan friction damper sebagai penahan gaya geser yang kelebihan tersebut.  Friction damper bergantung kepada tahanan yang dibrikan oleh gesekan antara permukaan material. Selama gempa terjadi, maka alat akan slip pada batas tertentu, apabila gaya belum tercapai, maka redaman pada alat ini belum bekerja, hanya memberikan pengaruh terhadap kekakuan pada bracingSalah satu contoh dari friction damper yaitu Slotted Bolted Connection (SBC).
                                              sumber gambar : Kohei Komatsu

Nah, dari pada masih bingun dengan cara kerja atau maksud maupun pegnertian dari friction damper , bisa cek video yang ada di bawah ini ya :)


selain itu, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengaruh friction damper terdapat bangunan dapat dilihat dalam artikel (disini) yang membahas mengenai friction damper dan dijadikan sedikit pembahasan dalam tulisan kali ini.

Daftra Pustaka :

Nama  : Sarah Dwikusuma Handayani
NPM    : 16315393
Kelas   : 4TA02
Dosen  : I Kadek Bagus Widana Putra


Komentar